Evaluasi Kampanye
Apakah Evaluasi Kampanye Itu?
Evaluasi kampanye diartikan sebagai upaya sistematis untuk menilai berbagai aspek yang berkaitan dengan proses pelaksanaan dan pencapaian tujuan kampanye.
Berkaitan dengan proses pelaksanaan, terdapat dua hal yang menjadi fokus perhatian, yakni bagaimana cetak biru kampanye direalisasikan dari waktu ke waktu serta bagaimana kinerja pelaksana kampanye selama proses kegiatan tersebut berlangsung.
Pada pelaksanaan kampanye juga dilakukan penilaian terhadap kinerja pelaksana kampanye, baik pada tataran individual maupun kolektif.
Berkaitan dengan aspek pencapaian tujuan kampanye, beberapa hal yang menjadi pusat perhatian adalah perubahan kesadaran, sikap dan perilaku publik sesuai tujuan yang telah ditetapkan, pemenuhan fungsi media, serta evaluasi efisiensi biaya.
Mengapa Melakukan Evaluasi Kampanye?
Gregory (2000), pakar kampanye Inggris mengemukakan lima alasan penting mengapa evaluasi perlu dilaksanakan, yaitu :
1. Evaluasi dapat memfokuskan usaha yang dilakukan
2. Evaluasi menunjukkan keefektifan pelaksanaan kampanye dalam merancang dan mengimplementasikan programnya
3. Memastikan efisiensi biaya
4. Evaluasi membantu pelaksana untuk menetapkan tujuan secara realistis, jelas dan terarah
5. Evaluasi membantu akuntabilitas pelaksana kampanye
Tingkatan Evaluasi Kampanye
1. Tingkatan Kampanye
Pada tingkatan ini, kita ingin mengetahui apakah khalayak sasaran terterpa kegiatan kampanye yang dilakukan atau tidak. Dengan demikian, pertanyaan pokok untuk evaluasi level ini adalah apakah kampanye yang dilakukan dapat menjangkau khalayak sasaran yang ditetapkan? Dan apakah khalayak memberi perhatian pada kampanye tersebut?
2. Tingkatan Sikap
Pada tingkatan ini, evaluasi dapat dilakukan dengan menggunakan metode survei atau uji sederhana. Metode survei digunakan untuk sampel dalam jumlah besar, sementara tes sederhana umumnya digunakan untuk kelompok sasaran yang terbatas.
3. Tingkatan Perilaku
Para ahli kampanye memandang tingkatan ini sebagai level yang paling penting dalam evaluasi kampanye. Sayangnya, jenis evaluasi ini sering diabaikan atau dilakukan sekadarnya dengan mengamati realitas permukaan. Pada realitas permukaan, di mana orang lain juga dapat mengamati secara langsung, orang kerapkali tampak berubah perilakunya, namun keadaan sebenarnya tidaklah demikian.
4. Tingkatan Masalah
Pada tingkatan ini, evaluasi dapat dilakukan dengan mudah atau sebaliknya dan memakan waktu yang lama. Masalah di sini di artikan sebagai kesenjangan antara kenyataan dan harapan
Komentar
Posting Komentar